Tutorial Menjalankan OS Android Di PC

Tutorial Menjalankan OS Android Di PC - Android memang menjadi tren tersendiri akhir-akhir ini, kemudahan dan berbagai fitur dan fasilitas serta berbagai aplikasi yang ada membuat Sistem Operasi ini menjadi Sistem Operasi yang paling banyak digunakan oleh produsen-produsen smartphone terkenal. Dengan perkembangan yang begitu pesatnya saat ini Android sudah bisa diinstal atau dijalankan di PC atau komputer.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk menjalankan OS Android di PC atau laptop. Tentu sangat seru bila kita bisa memakai dan memainkan Android di pc atau komputer, ada banyak hal yang bisa dilakukan tanpa takut merusak smartphone atau membuat baterai menjadi boros saat kita memainkannya di pc atau laptop.

Untuk dapat menjalankan OS Android di pc atau komputer kita membutuhkan software emulator Android yang saat ini sudah banyak beredar luas. Apa itu software emulator Android?, Emulator adalah software yang memungkinkan suatu program / sistem operasi dijalankan dalam sistem lain yang sama sekali berbeda. Sebagai contoh suatu program Windows dapat dijalankan di sistem operasi Linux dengan menggunakan piranti lunak emulator Wine. Ada pula program yang mengemulasikan suatu komputer dalam komputer, misalnya VMware. Contoh lain adalah program-program emulator untuk menjalankan permainan komputer yang awalnya hanya bisa dijalankan pada konsolnya masing-masing, misalnya Nintendo, Atari, PlayStation, XBox dan lain-lain.

Nah untuk OS Android, ada banyak emulator yang tersedia di luar sana. Anda dapat mencari berbagai macam emulator Android di google jika ingin mengetahui lebih lengkap. Dan di postingan kali ini saya akan menggunakan emulator Android yang paling banyak dikenal dan digunakan bernama Bluestacks.

Bluestack merupakan aplikasi gratis (free software) yang bertipe mesin virtual (emulator) Android yang dijalankan di komputer (PC maupun laptop) untuk mengoperasikan segala macam aplikasi Android. Bluestack disediakan dan bisa dijalankan di komputer yang bersistem operasikan Windows (Windows XP, 7, 8, dll) dan Macintosh.


Berikut Tutorial Lengkap Bagaimana Cara Menjalankan OS Android Di PC Menggunakan Bluestacks:

1. Pastikan PC atau komputer anda memiliki spesifikasi minimum untuk menjalankan Bluestack terlebih dahulu, untuk dapat menjalankan Bluestack anda harus memiliki spesifikasi pc atau komputer sebagai berikut.

-  Minimal 2GB RAM.
-  Minimal 9GB ruang disk yang tersedia untuk menyimpan Android apps/games dan data.
- Driver untuk grafis PC Anda harus diperbarui untuk kompatibilitas dengan BlueStacks yang ingin anda instal.

Setelah komputer / pc anda memenuhi spesifikasi seperti di atas, maka anda dapat lanjut ke tahap selanjutnya.


2. Masuk ke www.bluestaks.com, secara otomatis PC Akan mendeteksi versi windows lokasi negara Anda, jika sudah pilih menu download atau unduh.

www.bluestaks.com


3. Ukuran file sekitar 12,8 mb, tunggu sampai proses download selesai, setelah selesai instal aplikasi Bluestaks tersebut. Pada saat proses instalasi, aplikasi akan secara otomatis meloading gamesPop dan beberapa aplikasi seperti Twitter, Facebook, dll. Proses ini membutuhkan waktu cukup lama, dengan koneksi internet Speedy 512 MB di butuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Setelah proses loading games dan aplikasi selesai Anda akan mendapatkan dua aplikasi Bluestaks seperti pada gambar dibawah ini.

Bluestacks Shortcut


4. Untuk menjalankan aplikasi Android di PC atau Laptop gunakan aplikasi Start Bluestacks dan tampilannya seperti pada gambar dibawah ini :

Blustacks Preview


5. Sama seperti di Android untuk dapat menggunakan aplikasi Bluestacks anda harus mendaftarkan akun Google anda untuk dapat mendownload beberapa Aplikasi dan Games Android dengan mendaftar di Google Play Store. Untuk registrasi play store di BlueStacks masuk ke menu BlueStacks Settings , Advanced Settings, Google isikan email Gmail Anda.



Jika anda tidak dapat menjalankan Bluestacks di PC / Laptop anda  atau anda mendapatkan pesan error, mungkin komputer atau OS yang anda gunakan kurang mendukung aplikasi Bluestack, tetapi anda tidak perlu kecewa, karena terdapat emulator Android yang lebih ringan daripada bluestacks. Aplikasi tersebut adalah Koplayer, jika anda ingin mencobanya anda dapat membacanya di postingan saya : Koplayer Emulator Android Ringan Yang Mudah Digunakan.
First

1 comments:

thanks infonya gan..
kunjungi juga blog ane ya gan, banyak konten-konten yang menarik
kabar terkini


EmoticonEmoticon