Tutorial Cordova Bagian 1 Cara Instalasi Cordova

Tutorial Cordova Bagian 1 Cara Instalasi Cordova - Bagi anda yang belum mengetahui apa itu cordova saya akan berikan sedikit gambaran agar anda tidak bingung mengikuti tutorial ini. Cordova adalah framework berbasis javascript yang memungkinkan untuk membuat aplikasi mobile (android,ios, blackbarry, windows phone) dengan bahasa html, css, dan javascript. Framework ini sangat berguna bagi para developer website yang ingin lebih memperluas jangkauan aplikasi yang mereka buat.

Aplikasi mobile yang dibuat dengan framework cordova ini disebut aplikasi hybrid, terdapat pula aplikasi mobile yang dibuat dengan bahasa pemrograman java yang disebut aplikasi native. Baik native maupun hybrid mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri tapi di postingan kali ini saya tidak akan menjelaskan hal tersebut. Disini saya hanya akan menjelaskan mengenai aplikasi Hybrid.

Aplikasi hybrid memiliki kelebihan lebih mudah untuk dikembangkan dengan banyak sekali dukungan dan plugin beserta contoh penggunaannya. Sedangkan untuk kekurangan dari aplikasi hybrid adalah tidak dapat digunakan untuk membangun sebuah program berskala besar yang membutuhkan banyak media penyimpanan (database).

Ada banyak framework yang dapat dipergunakan untuk membuat aplikasi hybrid selain menggunakan cordova contohnya seperti senca touch, onsen framework, dan lain sebagainya yang dapat anda temukan di google. Cordova sebenarnya juga merupakan kelanjutan dari phonegap yang telah bernaung di bawah perusahaan yang baru. Jika anda sudah pernah mempelajari phonegap maka cukup mudah untuk mempelajari cordova karena memang keduanya sama.

Tools
Untuk dapat memulai sebuah project cordova anda terlebih dahulu harus menyiapkan tools yang akan dipergunakan dan pastikan sudah terinstal di komputer anda. Disini saya menggunakan contoh membangun aplikasi android menggunakan cordova, maka aplikasi dan tools yang dibutuhkan :

1. Git
2. Node js
3. JDK
4. Android SDK

Pertama yang harus kita instal adalah JDK (Java Development Kit), disini saya menggunakan JDK 7 anda dapat melakukan download JDK disini.
Instal JDK seperti menginstal program secara umum hingga selesai. Setelah selesai ada hal yang perlu dilakukan yaitu melakukan seting path di environtment variabel komputer anda. Dan langkahnya adalah sebagai berikut:

Klik kanan My Computer dan pilih properties.

setting environment variables

Pilih advanced system setting

Cordova environment variables

Pilih environtment variables

Cordova environment variables

Pada bagian System Variables cari path dan klik edit

Cara Instalasi Cordova

Pada kolom variables value tambahkan tanda ; dan masukkan lokasi tempat folder bin JDK yang tadi telah kita instal. Secara umum folder bin JDK terletak di C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_40\bin
Atau anda dapat membuka windows explorer kemudian cari folder program files -> java -> jdk -> bin lalu klik pada bagian seperti gambar dan copy lokasi tersebut.

Tutorial Cordova CLI Indonesia

Jika anda sudah mendapatkan lokasi folder bin, kembali ke kolom variables value tambahkan tanda ; dan masukkan lokasi tempat folder bin.

Cordova Bahasa Indonesia

Selanjutnya kita tinggal klik ok hingga semua jendela tertutup.

Setelah kita menginstal JDK, selanjutnya kita menginstal node js dan git. Bagi anda yang belum tahu node js adalah sekumpulan library java yang dapat dipanggil melalui command prompt, dan git adalah sekumpulan library yang dipergunakan untuk menambah plugin atau library dari github.

Instal kedua aplikasi tersebut seperti menginstal aplikasi biasa hingga selesai. Jika sudah selesai kita juga harus menambahkan path kedua aplikasi tersebut ke environtment variables seperti pada saat kita memasukkan path JDK tadi. Caranya kurang lebih sama yaitu:

Buka windows explorer cari Program files -> nodejs dan copy alamat yang ada, secara umum alamat pathnya adalah

C:\Program Files\nodejs

Buka windows explorer cari Program Files -> git -> bin dan Program Files -> git ->cmd

Untuk git ada dua alamat yang harus kita tambahkan yaitu :

C:\Program Files\Git\bin
C:\Program Files\Git\cmd

Selanjutnya buka kembali pengaturan environtment variables dan tambahkan ketiga alamat tadi dengan dipisahkan tanda ;

Cara Instalasi Cordova

Setelah selesai klik ok hingga semua jendela tertutup.

Selanjutnya yang terakhir kita instal adalah Android SDK, aplikasi ini dipergunakan untuk melakukan compile atau build aplikasi yang kita buat menjadi bentuk apk. Instal aplikasi ini seperti biasa hingga selesai. Untuk yang terakhir anda tidak perlu melakukan setting path.

Jika anda sudah mengikuti semua langkah dengan benar dan telah menginstal semua aplikasi yang dibutuhkan, maka komputer anda sudah siap untuk digunakan membuat aplikasi cordova.

Membuat Aplikasi Hello World

Buka CMD, pastikan terdapat koneksi internet.
Install library cordova terlebih dahulu dengan perintah

npm install –g cordova

Tunggu hingga proses selesai, untuk cek apakah cordova telah terinstall ketikan perintah

cordova

Maka akan muncul segala informasi mengenai tata cara penggunaan library cordova.

Buat aplikasi baru dengan terlebih dahulu arahkan posisi anda ke drive c atau d agar anda dapat degan mudah menemukan project yang nanti akan anda buat, disini saya meletakkannya di  drive c.

Ketikan perintah

cd c:/

Setelah itu ketikan

cordova create AplikasiCordova io.cordova.hellocordova CordovaApp

Cordova Windows 7

Maksud dari perintah di atas adalah kita membuat aplikasi dengan nama Cordova App yang terletak di folder AplikasiCordova, anda dapat menemukan project yang telah kita buat di drive c

Buat Aplikasi Cordova


Sekian dahulu untuk tutorial yang saya jelaskan kali ini, untuk postingan selanjutnya, kita akan belajar mengenai cara menginstal plugin dan build project yang kita buat menjadi bentuk apk.

3 comments

sencha cordova init com.tensaitech pertemuan pertemuan.
Izin bertanya yang saya ketik di atas perintah apasih maksudnya?


EmoticonEmoticon